Rabu, 02 Februari 2011

ARENA KKPK, 6 Februari 2011




Kisah Kirana di Negeri Iran


Judul: My Persian Rainbow


Penulis: Kirana


138 halaman



Aku suka sekali membaca buku  Kecil-Kecil Punya Karya yang berjudul My Persian Rainbow ini. Mulanya aku penasaran dengan judulnya itu, kira-kira seperti apa pelangi di Persia itu?  Ternyata buku ini mengisahkan tentang pengalaman Kirana (penulis buku Kecil-Kecil Punya Karya ini) saat masih tinggal di negeri Iran. 

Banyak kisah yang berkesan di hati Kirana saat di Iran.  Apalagi, ia sendiri dilahirkan di salah satu kota pendidikan ilmu dan agama yang bernama Qom.  Kota Qom itu jaraknya cukup dekat dengan Ibu Kota Teheran.  Selama dua tahun Kirana tinggal di sana sebelum akhirnya pindah ke Teheran.

Beberapa pengalaman yang tak  terlupakan bagi Kirana diantaranya adalah tentang nenek angkat kirana yang tinggal di kota Qom.  Kirana memanggil nenek angkatnya itu dengan panggilan modar buzurg, lucu ya kedengarannya.  Kirana sangat senang bila berkunjung ke rumah modar buzurg karena modar buzurg selalu menyiapkan makanan yang lezat untuknya dan memberi hadiah yang bagus-bagus untuknya.

Pengalaman lain yang menjadi kenangan indah Kirana adalah ketika ia naik kereta yang ada kamarnya.  Wuah…. Aku jadi membayangkan seperti apa ya kamar-kamar dalam kereta itu dan bagaimana rasanya tidur di dalam kamar kereta itu dan membuatku jadi sangat penasaran.  Di dalam buku ini, Kirana bercerita kalau kereta kamar yang pernah dinaikinya itu mempunyai empat tempat tidur, yakni dua di atas dan dua di bawah.  Dan Kirana tidur di sana saat malam hari.  Duh… aku jadi kepingin sekali bisa merasakan tidur di dalam kereta kamar seperti Kirana.

Banyak peristiwa-peristiwa seru lainnya yang dialami Kirana di sana.  Seperti saat Kirana bermain salju bersama teman-temannya.  Juga saat bertamasya ke Gunung Tochal yang diselimuti salju dingin.Wuah….seru sekali saat Kirana membuat manusia salju dengan memakai potongan wortel dan buncis sebagai mata dan mulutnya juga topi bekas untuk dipasangkan di atas kepala manusia salju. Hihihi….pasti lucu sekali keliatannya ya!

Kisah di atas hanya sebagian kisah seru Kirana di dalam buku My Persian Rainbow ini.  Masih sangat banyak kisah lain yang sangat indah dan mengharukan yang diceritakan Kirana dalam bukunya ini.  Teman-teman mesti baca buku ini karena selain ceritanya menghibur dan sangat bagus, teman-teman akan bertambah wawasan tentang bagaimana kehidupan di negeri Iran itu.  Aku berharap suatu hari aku juga punya pengalaman berkunjung ke luar negeri dan aku pun ingin menulis kisahku seperti Kirana.
(Rosiyani Nanda Mulya,11 Tahun, SD 62 Seduduk Putih Palembang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar