Jumat, 28 Januari 2011

ARENA KKPK, 30 Januari 2011

 
Petualangan Rindu, Anak Jalanan

Judul: Rindu Purnama

Penulis: Ayunda Nisa Chaira

140 halaman

Syalala … kami anak jalanan, kami seniman terpendam … begitulah kutipan nyanyian yang disenandungkan oleh para pengamen cilik itu. Mereka terdiri dari Rindu, Andi, Farhan, si kecil Akbar, dan si gendut Slamet. Mereka adalah anak-anak jalanan yang tinggal di sebuah rumah singgah yang dikelola oleh Bu Sarah. Saat sedang asyik mengamen, tiba-tiba pasukan kamtib menangkap mereka! Rindu dan teman-temannya langsung melarikan diri.

Untunglah, mereka berhasil. Namun, saat Rindu sedang menyeberang, sebuah mobil melaju dengan kecepatan tinggi menabrak Rindu. Rindu pun pingsan dan langsung dibawa pergi oleh sang pemilik mobil. Disinilah, petualangan Rindu dimulai. Rindu dibawa ke rumah Pak Surya, seorang pengusaha kaya, namun kikir dan serakah.

Ternyata, Rindu mengalami amnesia ringan. Karena tidak ingat namanya sendiri, Rindu diberi nama “Purnama” oleh Pak Pur, sopir Pak Surya yang menabrak Rindu. Ketika sedang berada di rumah sakit bersama pak Surya, Rindu melarikan diri karena tidak tahan dengan aturan-aturan Pak Surya. Rindu berlari dan terus berlari, sampai akhirnya Rindu sampai di kolong jembatan flyover. Ternyata, di bawah sana, ada anak-anak jalanan seperti dirinya.

Di sana, Rindu bertemu Andrea, salah seorang anak jalanan yang berani. Rindu dan Andrea pun mengamen bersama-sama, dan mendapat hasil yang sangat memuaskan. Mereka pun membeli makanan enak di sebuah warung makan dengan uang yang mereka dapatkan hari ini. Ketika membeli makanan, mereka bertemu para preman bertampang sangar yang hendak merebut uang mereka. Bagaimana nasib Rindu selanjutnya?

Rindu Purnama ini merupakan buku yang mengadaptasi sebuah film yang disutradarai om Mathias Muchus dan skenarionya ditulis oleh Ifa Isfansyah. Buku tentang pentingnya arti keluarga, sahabat, dan cinta kasih ini sangat menarik untuk kita baca. Karena, kak Ayunda membukukan film ini dengan apik dan sedemikian rupa. Selain wajib dibaca bukunya, wajib juga ditonton filmnya yang akan tayang 10 Februari 2011 nanti. Jadi … Selamat Membaca!

(Wanda Amyra Mayshara, 10 tahun, SDI Al-Azhar 9 Kemang Pratama, Bekasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar