Jumat, 18 Maret 2011

ARENA KKPK, 20 Maret 2011




Takut Rambutan


Judul: Rambutanholic
Penulis: Dina
144 Halaman

Kalian suka rambutan? Tapi Najla tidak suka. Dia malah takut banget sama rambutan.  Dia akan pergi jauh-jauh jika ada yang membawa rambutan. Rahasianya ini diketahui sahabatnya, Hasna. Sebagai seorang sahabat, Hasna ingin membantu Najla agar tidak takut dengan rambutan. Malah kalau bisa Najla berubah jadi penggemar rambutan.

Itulah cerita yang ditulis Dina di cerpen berjudul Rambutanholic. Di buku Rambutanholic ini juga ada 12 judul cerita pendek lainnya yang nggak kalah menarik lho. Ada kisah Melati yang harus masuk ke SD barunya di kampung.  Sementara itu, Rose justru bersemangat di sekolah baru. Nah, pengalaman apa yang membuat Melati menyukai sekolah barunya, kita bisa membacanya di cerpen berjudul Antre Minyak.

Cerpen berjudul Batu-Batu Penyelamat juga seru. Ceritanya tentang sekolah Rasya yang kebanjiran. Untung saja Rasya pernah ikut outbound. Rasya tidak takut banjir. Dia malah bisa melewati banjir. Bagimana caranya ya?

Di dalam buku ini juga ada cerpen yang mengandung ilmu pengetahuan. Misalnya cerpen berjudul Gerhana Matahari dan Hujan Es. Wuah, ternyatamembaca buku Kceil-Kecil Punya Karya juga membuat aku mendapat pengetahun umum. Nggak cuma cerita.

Semua cerpen dalam buku ini ditulis dengan menarik. Ada yang lucu ada yang agak sedih. Ada kisah persahabatan, ada juga tentang adik dan kakak. Pasti setiap yang membaca buku ini akan punya cerpen favorit masing-masing. Kalau cerpen favorit aku adalah yang tentang ulat bulu. Habis ceritanya lucu sih. Ayo, kalian tebak ya judulnya apa?
 

(Geus Rama Syarif, 10 thn, SD Az Zahra Palembang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar